Secara esensi, penilaian autentik muncul sebagai reaksi ketidakpuasan
terhadap pengukuran kecerdasan yang hanya berdasarkan aspek pengetahuan. Namun,
meski demikian, bukan berarti penilaian pengetahuan ditiadakan. Penilaian
pengetahuan tetap diadakan karena Kurikulum 2013 menghendaki peserta didik di
Sekolah Dasar menjadi generasi yang cakap dalam sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
Dalam buku guru, pengetahuan termasuk dalam Kompetensi Inti 3 atau KI
3. Segala hal yang berkaitan dengan pemahaman pengetahuan termasuk dalam aspek
pengetahuan. Jika kita membuka guru kita bisa mendapati gambar berikut:
Poin 3 adalah Kompetensi Inti 3 yang isinya sudah pasti tentang pengetahuan.
Pengetahuan dinilai dengan 3 (tiga) teknik. Teknik penilaian
pengetahuan adalah
- Tes tulis
- Tes lisan
- Penugasan
Tes Tulis
Tes tulis merupakan tes yang hasilnya berupa bentuk fisik tulisan.
Instrmen yang digunakan dalam tes tulis terdiri dari:
Memilih jawaban, yang terdiri dari pilihan ganda, pilihan benar salah,
ya-tidak, menjodohkan, dan sebat akibat.
Mensuplai jawaban, yang terdiri dari isian atau melengkapi jawaban,
jawaban singkat, dan uraian.
Bahasan lebih lanjut mengenai tes tulis dapat disimak pada LINK INI.
Tes Lisan
Tes lisan merupakan tes yang hasilnya berupa kata-kata lisan. Tes
lisan diberikan guru dengan cara diucapkan atau oral sehingga memancing jawaban
siswa secara ucapan juga. Kelebihan tes lisan adalah untuk menimbulkan
keberanian siswa. Tidak ada teknik khusus dalam tes lisan. Jawaban yang
didapatkan dari tes lisan adalah berupa kata, frase, kalimat, dan paragraf yang
diucapkan. Instrumen yang digunakan dalam tes lisan adalah daftar pertanyaan.
Bahasan lebih lanjut mengenai tes lisan dapat disimak pada LINK INI.
Penugasan
Penugasan merupakan penilaian pengetahuan yang berupa pengumpulan
tugas. Instrumen penugasan dapat berupa pekerjaan rumah baik secara individu
maupun kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya.
Bahasan lebih lanjut mengenai penugasan dapat disimak pada LINK INI.
Berikut ini adalah tabel penjelasan mengenai penilaian pengetahuan.
Teknik
Penilaian Pengetahuan
|
Bentuk
Instrumen
|
|
Tes Tulis
|
Memilih Jawaban
|
Pilihan ganda
|
Pilihan benar salah
|
||
Ya-tidak
|
||
Menjodohkan
|
||
Mensuplai Jawaban
|
Sebab Akibat
|
|
Isian/melengkapi jawaban
|
||
Jawaban singkat
|
||
Uraian
|
||
Tes Lisan
|
Daftar Pertanyaan
|
|
Penugasan
|
Pekerjaan Rumah
|
Demikianlah bahasan mengenai teknik penilaian pengetahuan dalam kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar, semoga membantu.
No comments:
Post a Comment