.

Saturday 6 September 2014

Penilaian Autentik : Teknik Penilaian Pengetahuan dalam Kurikulum 2013 Jenjang Sekolah Dasar

Secara esensi, penilaian autentik muncul sebagai reaksi ketidakpuasan terhadap pengukuran kecerdasan yang hanya berdasarkan aspek pengetahuan. Namun, meski demikian, bukan berarti penilaian pengetahuan ditiadakan. Penilaian pengetahuan tetap diadakan karena Kurikulum 2013 menghendaki peserta didik di Sekolah Dasar menjadi generasi yang cakap dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Dalam buku guru, pengetahuan termasuk dalam Kompetensi Inti 3 atau KI 3. Segala hal yang berkaitan dengan pemahaman pengetahuan termasuk dalam aspek pengetahuan. Jika kita membuka guru kita bisa mendapati gambar berikut:
forumptk.blogspot.com

Poin 3 adalah Kompetensi Inti 3 yang isinya sudah pasti tentang  pengetahuan.
Pengetahuan dinilai dengan 3 (tiga) teknik. Teknik penilaian pengetahuan adalah
  • Tes tulis
  • Tes lisan
  • Penugasan
Tes Tulis
Tes tulis merupakan tes yang hasilnya berupa bentuk fisik tulisan. Instrmen yang digunakan dalam tes tulis terdiri dari:
Memilih jawaban, yang terdiri dari pilihan ganda, pilihan benar salah, ya-tidak, menjodohkan, dan sebat akibat.
Mensuplai jawaban, yang terdiri dari isian atau melengkapi jawaban, jawaban singkat, dan uraian.
Bahasan lebih lanjut mengenai tes tulis dapat disimak pada LINK INI.

Tes Lisan
Tes lisan merupakan tes yang hasilnya berupa kata-kata lisan. Tes lisan diberikan guru dengan cara diucapkan atau oral sehingga memancing jawaban siswa secara ucapan juga. Kelebihan tes lisan adalah untuk menimbulkan keberanian siswa. Tidak ada teknik khusus dalam tes lisan. Jawaban yang didapatkan dari tes lisan adalah berupa kata, frase, kalimat, dan paragraf yang diucapkan. Instrumen yang digunakan dalam tes lisan adalah daftar pertanyaan.
Bahasan lebih lanjut mengenai tes lisan dapat disimak pada LINK INI.

Penugasan
Penugasan merupakan penilaian pengetahuan yang berupa pengumpulan tugas. Instrumen penugasan dapat berupa pekerjaan rumah baik secara individu maupun kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya.
Bahasan lebih lanjut mengenai penugasan dapat disimak pada LINK INI.

Berikut ini adalah tabel penjelasan mengenai penilaian pengetahuan.
Teknik Penilaian Pengetahuan
Bentuk Instrumen
Tes Tulis
Memilih Jawaban
Pilihan ganda
Pilihan benar salah
Ya-tidak
Menjodohkan
Mensuplai Jawaban
Sebab Akibat
Isian/melengkapi jawaban
Jawaban singkat
Uraian
Tes Lisan
Daftar Pertanyaan
Penugasan
Pekerjaan Rumah

Demikianlah bahasan mengenai teknik penilaian pengetahuan dalam kurikulum 2013 jenjang sekolah dasar, semoga membantu.

No comments:

Post a Comment