.

Saturday, 6 September 2014

Instrumen Penilaian Pengetahuan dengan Teknik Tes Tertulis pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, penilaian pengetahuan dengan teknik tes tertulis pada penilaian autentik kurikulum 2013 bisa dilakukan degan instrumen pilihan ganda, urian, dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, Bapak dan Ibu Guru bisa membacanya di LINK INI.


Beberapa hal yang harus digarisbawahi dari instrumen tes tulis dengan tipe uraian adalah instrumen harus dikembangkan dengan menyertai kunci jawaban dan pedoman penskoran. Sebenarnya kita selaku guru sudah tidak asing lagi dengan instrumen penilaian pengetahuan ini, karena ini mirip dengan kisi-kisi pembuatan soal.

Bagaimana format penyusunan instrumen penilaian pengetahuan itu? Mari kita simak formatnya di bawah ini.
Contoh Istrumen Penilaian Pengetahuan dengan Teknik Tes Tertulis
No
Muatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
1
Pkn
3.2.1.
Menjelaskan pentingnya memiliki sikap peduli terhadap lingkungan melalui kegiatan membaca dan menganalisis teks bacaan
Tertulis
Pilihan Ganda
Berikut ini adalah sikap yang menunjukkan kepedualian terhadap lingkungan, kecuali ....
a.  Budi sering melakukan kesenangannya  melukis di tembok ketika berkunjung ke tempat wisata
b.  Adi selalu degan tekun menyirami tanaman di sekolah walaupun bukan kepunyaannya
c.   Candra selalu membuang sampah di tempat sampah yang tersedia di tempat wisata
d.  Dani melaporkan kepada yang berwajib ketika menemukan potongan patung peninggalan sejarah
Kunci : a
2
Bahahasa Indonesia
3.4.1.
Menemukan informasi tentang Danau Toba melalui kegiatan membaca
Tertulis
Uraian
Perhatikan lokasi di daerah tempat tinggalmu yang terkenal dengan keindahan alamnya yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar atau warga daerah lain. Deskripsikan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh warga sekitarmu tersebut!
Kunci alternatif:
Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia dan banyak dikunjungi wisatawan karena sangat indah
3
Matematika
3.7.1.
Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal dan persen
Tertulis
Isian
Luas wilayah Indonesia sekitar 46.000 km2, sedangkan 13% berupa daratan dan sisanya lautan. Luas wilayah lautan Indonesia adalah ... km2.
Kunci : 4.082 km2
4
IPA
3.7.1.
Membedakan hewan hayati dan nonhayati
Tertulis
Pilihan Ganda
Berikut ini adalah contoh sumber daya alam hayati dan nonhayati: ikan dan air. Dari sumber daya alam tersebut didapatkan ....
a.  Ikan merupakan sumberdaya alam hayati yang bermanfaaat untuk sebagai hiasan semata
b.  Air merupakan sumber daya alam nonhayati yang bermanfaat untuk kehidupan diantaranya sebagai air minum
c.   Ikan dan air merupakan sumberdaya alam hayati yang bermanfaat untuk makanan
d.  Ikan dan air merupakan sumber daya alam hayati dan nonhayati yang bermanfaat dalam kehidupan sebagai makanan.
Kunci : b
5
IPS
3.3.1.
Mengiden- tifikasi jenis mata pencaharian masyarakat sekitar dan hubungannya dengan sumber daya alam melalui kegiatan membaca, observasi, dan mengumpul- kan data
Tertulis
Uraian
Apa sajakah yang kamu lakukan dalam rangka ikut menjaga kelestarian keindahan alam di lingkungan tempat tinggalmu?
Kunci alternatif:
1.  Tidak merusak dan mecorat-coret kekayaan alam yang kita miliki
2.  Merawat kelestarian kekayaan alam yang kita miliki
3.  Kita bangga atas kekayaan alam yang kita miliki.
Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian pengetahuan dengan teknik tes tertulis pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment