Beberapa hal yang harus digarisbawahi dari instrumen tes tulis dengan tipe uraian adalah instrumen harus dikembangkan dengan menyertai kunci jawaban dan pedoman penskoran. Sebenarnya kita selaku guru sudah tidak asing lagi dengan instrumen penilaian pengetahuan ini, karena ini mirip dengan kisi-kisi pembuatan soal.
Bagaimana format penyusunan instrumen penilaian pengetahuan itu? Mari kita simak formatnya di bawah ini.
Contoh Istrumen Penilaian Pengetahuan dengan Teknik Tes Tertulis
No
|
Muatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
1
|
Pkn
|
3.2.1.
Menjelaskan pentingnya memiliki sikap peduli
terhadap lingkungan melalui kegiatan membaca dan menganalisis teks bacaan
|
Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Berikut ini adalah sikap yang menunjukkan kepedualian terhadap
lingkungan, kecuali ....
a. Budi
sering melakukan kesenangannya melukis
di tembok ketika berkunjung ke tempat wisata
b. Adi
selalu degan tekun menyirami tanaman di sekolah walaupun bukan kepunyaannya
c.
Candra selalu membuang sampah di tempat sampah
yang tersedia di tempat wisata
d. Dani
melaporkan kepada yang berwajib ketika menemukan potongan patung peninggalan
sejarah
Kunci : a
|
2
|
Bahahasa Indonesia
|
3.4.1.
Menemukan informasi tentang Danau Toba melalui
kegiatan membaca
|
Tertulis
|
Uraian
|
Perhatikan lokasi di daerah tempat tinggalmu yang terkenal dengan
keindahan alamnya yang banyak dikunjungi oleh warga sekitar atau warga daerah
lain. Deskripsikan tempat yang paling banyak dikunjungi oleh warga sekitarmu
tersebut!
Kunci alternatif:
Danau Toba merupakan danau terluas di Indonesia dan banyak dikunjungi
wisatawan karena sangat indah
|
3
|
Matematika
|
3.7.1.
Menjelaskan operasi penjumlahan bilangan desimal
dan persen
|
Tertulis
|
Isian
|
Luas wilayah Indonesia sekitar 46.000 km2, sedangkan 13% berupa
daratan dan sisanya lautan. Luas wilayah lautan Indonesia adalah ... km2.
Kunci : 4.082 km2
|
4
|
IPA
|
3.7.1.
Membedakan hewan hayati dan nonhayati
|
Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Berikut ini adalah contoh sumber daya alam hayati dan nonhayati: ikan
dan air. Dari sumber daya alam tersebut didapatkan ....
a. Ikan
merupakan sumberdaya alam hayati yang bermanfaaat untuk sebagai hiasan semata
b. Air
merupakan sumber daya alam nonhayati yang bermanfaat untuk kehidupan
diantaranya sebagai air minum
c.
Ikan dan air merupakan sumberdaya alam hayati
yang bermanfaat untuk makanan
d. Ikan
dan air merupakan sumber daya alam hayati dan nonhayati yang bermanfaat dalam
kehidupan sebagai makanan.
Kunci : b
|
5
|
IPS
|
3.3.1.
Mengiden- tifikasi jenis mata pencaharian masyarakat sekitar dan
hubungannya dengan sumber daya alam melalui kegiatan membaca, observasi, dan
mengumpul- kan data
|
Tertulis
|
Uraian
|
Apa sajakah yang kamu lakukan dalam rangka ikut menjaga kelestarian
keindahan alam di lingkungan tempat tinggalmu?
Kunci alternatif:
1. Tidak
merusak dan mecorat-coret kekayaan alam yang kita miliki
2. Merawat
kelestarian kekayaan alam yang kita miliki
3. Kita
bangga atas kekayaan alam yang kita miliki.
|
Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian pengetahuan dengan
teknik tes tertulis pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga membantu.
No comments:
Post a Comment