.

Saturday 6 September 2014

Instrumen Penilaian Sikap dengan Teknik Penilaian Diri pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Penilaian sikap selain dilakukan dengan teknik observasi seperti yang sudah dibahas sebelumnya pada LINK INI, sikap dinilai juga dengan teknik penilaian diri. Penilaian diri adalah teknik penilaian sikap yang tidak kalah pentingnya dengan teknik penilaian observasi pada Kurikulum 2013.



Penilaian diri dilakukan dengan cara meminta peserta didik mengungkapkan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Penilaian diri ini menggunakan instrumen daftar cek (checklist) dan skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik. Penjelasan tentang keduanya disinggung dalam LINK INI.
Pada penilaian diri, skala penilaian (rating scale) dapat disusun berdasarkan skala Likert atupun skala Semantic Differential. Skala Likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang mengenai suatu gejala atau fenomena. Skala Semantic Differential digunkan untuk mengukur sikap, namun bentuknya bukan pilihan ganda ataupun checklist. Susunannya berupa satu garis kontinum dimana jawaban yang sangat positif terletak di bagian kanan garis, dan jawaban yang sangat negatif berada di bagian kiri garis. Biasanya penilaian sikap dengan isntrumen penilaian diri menggunakan skala Semantic Differential.
Contoh penilaian diri adalah sebagai berikut.
Lembar Penilaian Diri Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti!
2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari!
No
Pernyataan
1
2
3
4
1
Saya menyontek pada saat mengerjakan ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya lakukan




5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihar jawaban teman yang lain




Keterangan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian sikap dengan teknik penilaian diri pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment