.

Saturday 6 September 2014

Instrumen Penilaian Sikap dengan Teknik Penilaian Antar Teman pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013


Penilaian autentik pada Kurikulum 2013 menuntut penilaian sikap dengan teknik penilaian antar teman. Apa itu penilaian antar teman? Penilaian antar teman adalah penilaian yang dilakukan dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai. Yang menjadi sasaran penilaian berkaitan dengan pencapaian kompetensi. Bahasan pengantar dari penilaian antar teman ini bisa Bapak dan Ibu Guru dapatkan dalam LINK INI.

Instrumen apa yang digunakan untuk menilai peserta didik dengan teknik penilaian antar teman? Instrumen yang digunakan adalah daftar cek atau checklist dan skala penialain (rating scale) yang menggunakan teknik sosiometris berbasis kelas. Dalam menilai, guru boleh menggunakan salah satunya ataupun keduanya.
Untuk lebih jelasnya, mari kita perhatikan contoh instrumen penilaian antar teman berikut ini.
Lembar Penilaian Antar Teman
Nama Teman yang Diamati : ................
Nama Pengamat: ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
PETUNJUK
1. Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti!
2. Berilah tanda cek (√) sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari!
No
Pernyataan
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1
Mau menerima pendapat teman


2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Mau bekerjasama dengan semua teman


5
........................................... (dan sebagainya)



Mengapa penilaian antar teman dirasakan peting? Penilaian ini digunakan untuk melengkapi data penilaian diri siswa (lihat bahasannya dalam LINK INI). Siswa biasanya kesulitan dalam mengungkapkan kelebihan dan kekurangannya. Mereka memiliki kecenderungan bersikap subjektif. Untuk membantu siswa menemukan kelebihan dan kekurangannya inilah dilakukan penilaian antar teman.
Penilaian antar teman ini ternyata memiliki kelemahan. Masih banyak unsur subjektif dalam hasil penilian sikap temannya. Bagaimana meminimalisirnya? Tekniknya ada pada bahasan selanjutnya di LINK INI.
Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian sikap dengan teknik penilaian antar teman pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga membantu.

No comments:

Post a Comment