.

Saturday, 6 September 2014

Instrumen Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Instrumen Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013

Penilaian sikap dengan teknik observasi adalah salah satu metode penilaian pembelajaran pada Kurikulum 2013. Seperti yang telah dibahas pada penilaian autentik, penilaian sikap tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi dengan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini tentu saja mengakibatkan sikap yang akan dinilai disesuaikan mengikuti tujuan pembelajaran, yang dalam hal ini tentu terintegrasi dengan pengetahuan dan keterampilan.
Teknik penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan mengamati perilaku siswa dari awal hingga akhir pembelajaran.
Instrumen observasi menggunakan pedoman:
  • daftar cek (checklist), ataupun
  • skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
Daftar cek (checklist)
Daftar cek (checklist) digunakan untuk mengamati muncul atau tidaknya perilaku siswa. Daftar cek berisi  tabel yang berupa Muncul atau Tidak Muncul. Contohnya adalah sebagai berikut.

Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
No
Aspek Pengamatan
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan



Observasi Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
No
Aspek Pengamatan
Dilakukan/muncul
Ya
Tidak
1
Tidak mencontek dalam mengerjakan tugas atau ujian
2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu dengan apa adanya
4
Melaporkan data atau informasi dengan apa adanya
5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki


Observasi dengan daftar cek (checklist) ini memiliki kelemahan berupa sedikitnya variasi jika dikonversikan ke dalam bentuk angka-angka. Observasi dengan tipe ini jarang digunakan .
Skala Penilaian (Rating Scale)
Skala Penilaian (rating scale) menggunakan rentang skala hasil pengamatan yang berupa selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah sangat baik, baik, cukup, kurang.
Rentang pengamatan di atas tentu akan rancu kalau tidak disertai penjelasan bukan? Sikap dengan skala “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”, ataupun “tidak pernah” tentunya perlu indikator yang menjelaskannya. Seperti apa sih siswa yang disebut sering melakukan sesuatu itu? Seberapa apa sih siswa yang disebut kadang-kadang melakukan sesuatu itu? Tentunya ini memerlukan indikator. Nah, Indikator itu pada penilaian kurikulum 2013 diberi nama RUBRIK. Rubrik merupakan petunjuk bagi penilaian skala ataupun daftar cek.
Untuk dapat mengolah data hasil penilaian tentunya diperlukan angka-angka bukan? Nah, data dari skala penilaian tadi diolah menjadi angka-angka dengan menggunakan petunjuk penskoran. Kurikulum 2013 menggunakan sistem penskoran dengan rentang 1 – 4, bukan seperti selama ini yang menggunakan rentang 1 – 10. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh observasi dengan skala penilaian berikut ini.


Petujuk:
Lembaran ini diisi oleh guru. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = SELALU, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = SERING, apabila sering melalkukan sesuai pernyataan, dan kadang-kadang tidak melakukannya
2 = KADANG-KADANG, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = TIDAK PERNAH, apabila tidak pernah melakukan
Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan


Petujuk:
Lembaran ini diisi oleh guru. Berilah tanda cek (√) pada kolom skor sesuai dengan sikap sosial siswa, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = SELALU, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = SERING, apabila sering melalkukan sesuai pernyataan, dan kadang-kadang tidak melakukannya
2 =  KADANG-KADANG, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = TIDAK PERNAH, apabila tidak pernah melakukan
Observasi Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak mencontek dalam mengerjakan tugas atau ujian
2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas
3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu dengan apa adanya
4
Melaporkan data atau informasi dengan apa adanya
5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki

Format di atas adalah untuk per individu siswa. Kalau ingin dibuat secara secara klasikal bagaimana   format penilaiannya? Format penilaian siswanya adalah seperti berikut ini:


Observasi Sikap Spiritual
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan : ................
Subtema : ................
No
Nama Siswa
Skor dari aspek pengamatan poin ke-
Jumlah skor
1
2
3
4
5
1
Andi
2
Budi
3
Ceni
4
Dodo
5
Edwin
*Keterangan:
Poin-poin aspek yang diamati adalah
1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4. Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5. Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
Skor menggunakan rentang 1 – 4.

Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian sikap dengan teknik observasi pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga bisa membantu.

No comments:

Post a Comment