Instrumen Penilaian Sikap dengan Teknik Observasi pada Penilaian Autentik Kurikulum 2013
Penilaian sikap dengan teknik observasi adalah salah satu metode
penilaian pembelajaran pada Kurikulum 2013. Seperti yang telah dibahas pada
penilaian autentik, penilaian sikap tidak berdiri sendiri, namun terintegrasi
dengan pengetahuan dan keterampilan. Hal ini tentu saja mengakibatkan sikap
yang akan dinilai disesuaikan mengikuti tujuan pembelajaran, yang dalam hal ini
tentu terintegrasi dengan pengetahuan dan keterampilan.
Teknik penilaian sikap dengan observasi dilakukan dengan mengamati
perilaku siswa dari awal hingga akhir pembelajaran.
- daftar cek (checklist), ataupun
- skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
Daftar cek (checklist)
Daftar cek (checklist) digunakan untuk mengamati muncul atau tidaknya
perilaku siswa. Daftar cek berisi tabel
yang berupa Muncul atau Tidak Muncul. Contohnya adalah sebagai berikut.
Observasi
Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
|
Observasi
Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
|
Observasi dengan daftar cek (checklist) ini memiliki kelemahan berupa
sedikitnya variasi jika dikonversikan ke dalam bentuk angka-angka. Observasi
dengan tipe ini jarang digunakan .
Skala Penilaian (Rating Scale)
Skala Penilaian (rating scale) menggunakan rentang skala hasil
pengamatan yang berupa selalu, sering, kadang-kadang, tidak pernah sangat baik, baik, cukup, kurang.
Rentang pengamatan di atas tentu akan rancu kalau tidak disertai penjelasan
bukan? Sikap dengan skala “selalu”, “sering”, “kadang-kadang”, ataupun “tidak
pernah” tentunya perlu indikator yang menjelaskannya. Seperti apa sih siswa
yang disebut sering melakukan sesuatu itu? Seberapa apa sih siswa yang disebut
kadang-kadang melakukan sesuatu itu? Tentunya ini memerlukan indikator. Nah,
Indikator itu pada penilaian kurikulum 2013 diberi nama RUBRIK. Rubrik
merupakan petunjuk bagi penilaian skala ataupun daftar cek.
Untuk dapat mengolah data hasil penilaian tentunya diperlukan
angka-angka bukan? Nah, data dari skala penilaian tadi diolah menjadi
angka-angka dengan menggunakan petunjuk penskoran. Kurikulum 2013 menggunakan
sistem penskoran dengan rentang 1 – 4, bukan seperti selama ini yang
menggunakan rentang 1 – 10. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh
observasi dengan skala penilaian berikut ini.
Petujuk:
Lembaran ini diisi oleh guru. Berilah tanda cek
(√) pada kolom skor sesuai dengan sikap spiritual siswa, dengan kriteria
sebagai berikut:
4 = SELALU, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = SERING, apabila sering melalkukan sesuai
pernyataan, dan kadang-kadang tidak melakukannya
2 = KADANG-KADANG, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = TIDAK PERNAH, apabila tidak pernah melakukan
Observasi Sikap Spiritual
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
|
Petujuk:
Lembaran ini diisi oleh guru. Berilah tanda cek
(√) pada kolom skor sesuai dengan sikap sosial siswa, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = SELALU, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = SERING, apabila sering melalkukan sesuai
pernyataan, dan kadang-kadang tidak melakukannya
2 =
KADANG-KADANG, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
melakukan
1 = TIDAK PERNAH, apabila tidak pernah melakukan
Observasi Sikap Jujur
Nama Peserta Didik : ................
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan: ................
Subtema: ................
|
Format di atas adalah untuk per individu siswa. Kalau ingin dibuat
secara secara klasikal bagaimana format penilaiannya? Format penilaian siswanya
adalah seperti berikut ini:
Observasi Sikap Spiritual
Kelas: ................
Tanggal Pengamatan : ................
Subtema : ................
*Keterangan:
Poin-poin aspek yang diamati adalah
1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2. Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3. Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
4. Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5. Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
Skor menggunakan rentang 1 – 4.
|
Demikianlah bahasan tentang instrumen penilaian sikap dengan teknik
observasi pada penilaian autentik kurikulum 2013. Semoga bisa membantu.
No comments:
Post a Comment