Pelaksanan PPG dalam Jabatan akan di mulai pada tahun 2018 mendatang, sekarang pemerintah sedang mempersiapkan peserta yang akan ikut pola sertifikasi dengan model PPG. yang sebelumnya akan di saring terlebih dahulu dengan mengikuti tes awal PPG. berikut ini:
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 3 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 4 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
Apabila ada kendala dalam proses mendownload silahkan baca tutorialnya KLIK DISINI.
dan jangan sungkan untuk bertanya apabila ada kendala. Silahkan bertanya di kolom komentar.
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 4 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
Apabila ada kendala dalam proses mendownload silahkan baca tutorialnya KLIK DISINI.
dan jangan sungkan untuk bertanya apabila ada kendala. Silahkan bertanya di kolom komentar.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK
100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPG 2018 KOMPETENSI PEDAGOGIK
1.Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi
masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu didiskusikan dalam kelompok untuk
mendapatkan solusinya.
Ilustasi ini berkaitan
dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif
2.Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan
masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
3.Kemampuan berfikir untuk
mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan obyek-obyek
bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun
4.Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan
angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan
yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat
egosentris
D. Kemampuan mengoperasikan
kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit
(operasional formal)
5.Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk
kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta didik selalu ingin
mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota
lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang memimpin dan mengendalikan
jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung belajar sendiri.
Peserta didik tersebut
mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Peserta didik telah
memiliki yang memiliki moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak
didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral
alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian memutuskan berdasarkan
suatu kode moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh
perilaku moral-spritual pada tahapan ...
A. penalaran pascakonvensional
B. penalaran konvensional
C. penalaran prakonvensional
D. penalaran interkonvensional
8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga,
kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung aturan social bukan hanya
untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga.
Pernyataan tersebut merupakan
tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional
9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melakukan
rekreasi dengan guru, dan melakukan kegiatan informal lainnya memiliki fungsi
untuk mengatasi kesulitan belajar dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan hubungan yang baik
D. menformulasikan tindakan
10. Seorang peserta didik
merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang
tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut
dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan
kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan
lingkungan masyarakat
D. emosional dan
kepribadian
11. Seorang peserta didik
mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat
ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami
kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan social
12. Perbedaan
antara konseling dan wawancara
terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa agar dapat
memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa agar dapat
melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa agar dapat
mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa agar
memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari
pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari
siswa (response) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara
rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya
(law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses pembelajaran,
para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data,
membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan
menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta
bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan
penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori ini,
peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan
memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar
ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari
sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini siswa dituntut untuk
dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi karena
kemajuan teknologi yang memungkinkan
belajar jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan
teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang menyatakan
bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan
lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil
belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya
dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran,
langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator,
tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar,
evaluasi, langkah-langkah pembelajaran
20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran,
perbedaannya adalah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan
kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan,
sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan silabus dibuat
oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan
pendidikan.
21. Salah satu prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber dari silabus
D. Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan
pendidikan
22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran
bahasa Indonesia adalah sebagai berikut ......
1) Kompetensi dasar :Mengenal
kegiatan bermusyawarah
2) Indikator : menyebutkan dua
ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan Pembelajaran : setelah
pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat menyebutkan dua ciri kegiatan
musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip
digunakan adalah....
A. Memberikan
umpan balik dan tindak lanjut
B. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan perbedaan individu peserta
didik
D. Keterkaitan
dan keterpaduan
23. Benjamin
S. Bloom mengembangkan ranah
kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis, dan
evaluasi
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan,
sÃntesis.
24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi
Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan
evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sÃntesis
C. ingatan, pemahaman, sÃntesis, aplikasi, analsis, dan
evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan,
mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan
masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan
berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture
26. Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi
pemecahan masalah proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan
pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
28. Apa yang paling tepat dilakukan guru, jika seorang
peserta didik tidak memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta didik lain untuk menjawab pertanyaan
tersebut
B. Memberikan kritik agar peserta didik berusaha menjawab
walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan agar mudah dipahami
peserta didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.
29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus
artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan
penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik,
intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
B. Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara
kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar,
sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman
belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian
kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara
fungsional dalam mencapai kompetensi.
30. Ciri-ciri
kelas yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber
31. Dalam memilih dan
mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi
pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan
pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa menyiapkan materi
pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian
menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi
yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media pembelajaran
hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada
kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil,
kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam
pemilihan media termasuk ke dalam
kriteria...
A. tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan
34. Pada saat mempersiapkan
pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan
media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang
harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media
pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus mengetahui
latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus memahami
karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus menyesuaikan
diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik menyesuaikan dengan
materi pembelajaran.
35. Pada saat mempersiapkan
pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat
sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi
ke dalam..
A. media yang memiliki daya
liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
terbatas
B. media yang dpat didengar saja
dan media yang dapat dilihat
C. media tradisional dan media
berbasis TIK
D. media dua dimensi dan media
tiga dimensi
36. Di ruang media tersedia
berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang
pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media
mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam memilih
media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik, karakteristik
media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah, tujuan, waktu
pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorang guru harus mampu
memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan
pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah:
A. media pembelajaran yang
paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media dapat digunakan
untuk semua kegiatan
pembelajaran
C. media dapat digunakan sebagai
pembawa pesan dalam suatu kegiatan
pembelajaran
D. memilih media tidak perlu
banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap materi pembelajaran
memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik
memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan
media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi
sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan
tersebut adalah:
A. Menampilkan objek yang
terlalu besar
B. Membuat konkrit konsep yang
abstrak
C. Menampilkan objek yang tidak
dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek yang berbahaya
atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki fungsi dan
manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu
pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin
menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan
medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu
fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan objek yang
terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek yang berbahaya
atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret konsep yang
abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan objek yang tidak
dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru ingin membuka
situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi
atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru
tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru sedang
ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam
istilah internet tersebut adalah…
A. program mencari informasi
B. program desktop publishing
C. program untuk menjelajahi
laman
D. program penciptaan laman
42. Saat kita akan informasi
tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal
dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang
berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
43. Seorang guru akan membuat
media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi
kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint
C.Microsoft
Desktop Publishing
D. Microsoft
Word
44. Seorang guru dapat
menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran.
Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft Database
B. Microsoft Spread Sheet
C. Microsoft powerpoint
D. Microsoft Desktop Publishing
45. pertanyaan, mengumpulkan data
(informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data
(informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri
dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak
Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso melaksanakan
pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan
dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai
dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing
peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi)
dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan
oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A. projek based learning
B. discovery Learning
C. Problem Based Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini melaksanakan
pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat,
ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul
berbagai macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu
Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based learning
B. inquiry learning
C. Discovery learning
D. problem based learning
48. Berikut ini merupakan
langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1) Penentuan Pertanyaan
Mendasar,
2) Mendesain Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal (Create a
Schedule),
4) Memonitor peserta didik dan
kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5) Menguji Hasil (Assess the
Outcome),
6) Mengevaluasi Pengalaman
(Evaluate the Experience).
Urutan yang benar adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan langkah-langkah
kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi siswa dalam
belajar
2) Orientasi siswa pada masalah
3) Membimbing penyelidikan siswa
secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan dan menyajikan
hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut
disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan
langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan
menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap
unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan
faktor-faktor….
A. Kompleksitas indikator, daya
dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru,
sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas indikator, daya
dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru, tingkat
kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri
mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian
kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam
melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat
dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
52. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda
dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan
pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan
53. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan
yang perlu dilakukan guru adalah;
A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan pelajaran baru
C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program
tindak lanjut
D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program
tindak lanjut
54. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses
pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman wawancara
D. Tes hasil belajar
55. Sebelum guru menyusun
soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali
harus dipelajari:
A. Buku sumber yang digunakan
B. Kurikulum dan silabus
C. Indikator pencapaian
kompetensi
D. Kemampuan awal siswa
56. Salah satu prinsip dalam
penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan
yang harus diukur
B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari
kegiatan pembelajaran
C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang
kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk
semua aspek kompetensi
57. Instrumen penilaian hasil
belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai
dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang
dinilai
C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf
perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir
semester
58. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua
peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung
nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru
dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil belajar peserta didik
B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian silabus dan RPP
D. Penilaian standar kompetensi lulusan
60. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan
penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta
didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang
agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara
penilaian tersebut mengacu pada aspek
penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang
mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi
berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan
dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber bacaan
yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya
yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar
yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki
kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang
capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
A. proses pengajaran remedial
pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial
adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran
remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya
berbentuk test ulang
63. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi
peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan
pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis
evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan
pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja
tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64. . Kriteria
ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai
batas ambang kompetensi
B. Nilai
minimal yang dicapai peserta didik
C. Nilai
maksimal yang dicapai peserta didik
D. Nilai
batas ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian
menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan hasil kerja
masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa
dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa
dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test
disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic assesment
C. Efektif
D. kondusif
67. Pendekatan tes ini
menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang
dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar
yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN)
mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud
adalah….
A. Penilaian berkelanjutan
B. penilaian menyeluruh
C. penilaian acuan patokan
D. penilaian acuan norma
68. Kurikulum 2013 menggunakan
pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria
(PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada
kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar
minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan
karakteristik peserta didik.
Dengan demikian, Kurikulum
2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian berkelanjutan
b. Penilaian autentik
c. Penilaian acuan patokan
d. Penilaian acuan norma
69. Menggambarkan sejauh mana
seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui tingkat penguasaan
kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum
dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran
remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk penilaian.
71. Assesment hasil belajar
peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang didasarkan
pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan
prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang dapat
dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang dilakukan
secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal
tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini beberapa hal
yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik,
kecuali….
A. ditujukan untuk mengukur
pencapaian kompetensi
B. menggunakan acuan kriteria
berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti dengan program
remedial dan pengayaan
D. dilakukan pengulangan jika
ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program pembelajaran remedial
hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai dengan kecepatan,
kesempatan, dan gaya belajar masing-masing. Pembelajaran remedial harus
mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di atas termasuk
salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan data hasil
evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak
maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti
program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti
program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru
dengan cara...
A. Mengadakan pendalaman materi
terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan siswa yang
belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan materi pada KD
selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan
lembar kerja siswa
78. Upaya merancang pengayaan
bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam
kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan tambahan materi
berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test tambahan
dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan tambahan sumber
bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument
testnya yang sesuai
D. diberikan materi bahan ajar
yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki
kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan program
remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar
….
A. proses pengajaran remedial pada
dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan pengajaran remedial
adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran terpenting pengajaran
remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang dipilihhanya
berbentuk test ulang
80. Salah satu prinsip merancang
program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
A. Membuat rancangan
pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan rancangan
pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis
evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan rancangan
pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test ulang saja
tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar dapat menyusun hipotesis
tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan. Salah satu
kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan masalah
B. mengidentifikasi masalah
C. Merancang PTK dengan
mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun proposal penelitian
82. Mengetahui proses tindakan,
pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan kendala
tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut menghambat atau
mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan PTK terletak
pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi
penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain.
Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. A. observasi --> refleksi
--> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi --> perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan --> observasi
--> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah dalam PTK
berikut, yang mana paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK?
A. Apakah pengaruh permainan
peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Boyolali?
B. Bagaimana cara meningkatkan
kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam
pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa SMA Negeri 2
Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara menggunakan
alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam Penelitian tindakan
kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru akan
kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan pendidik akan mutu
pendidikan
C. keinginan untuk membantu guru
D. kepedulian peneliti akan
kinerja guru
86. Di bawah ini adalah
prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi Arikunto,
kecuali….
A. Kesadaran diri untuk
memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris dan sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terus-menerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang lingkup
88. Peran guru dalam PTK adalah
sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini kegiatan PTK pada
tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan tindakan
B. Observasi dan intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori baru
C. Memperbaiki teori
D. Menyusun generalisasi
91. Merenungkan kembali tindakan
perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK
merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang, tujuan
penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK khususnya pada
bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi penelitian
93. Persiapan awal dalam PTK
adalah…
A. Menyiapkan cara wawancara
B. Membuat analisis kelayakan
hipotesis
C. Membuat rencana (perbaikan) pembelajaran
dan skenarionya
D. Menyiapkan fasilitas dan
sarana
94. Proposal penelitian dalam PTK
adalah….
A. Usulan untuk mendapatkan dana
penelitian
B. Uraian tentang
komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek penelitian
pendidikan
D. Perencanaan sistematik untuk
melaksanakan PTK
95. Berikut ini langkah-langkah
dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi dalam bentuk
hipotesis tindakan
B. Analisis kelaikan hipotesis
tindakan
C. Persiapan tindakan
D. Observasi dan inperetasi.
96. Kegiatan yang harus dilakukan
setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini tidak hanya
dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan dilakukannya
refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai kepuasaan diri
peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif
dengan pendidik.
C. untuk meningkatkan motivasi
belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D. untuk mencapai kepuasaan diri
pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi positif dengan
peserta pendidik.
97. Kegiatan yang harus dilakukan
setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi
pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk menganalisis tingkat
keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan evaluasi diri
terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk mengembangkan model
pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan refleksi merupakan
kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan
dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan
refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian pendidik
dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian dilaksanakan di
akhir pembelajaran
D. Penilaian dilaksanakan sejak
awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi terhadap
pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu
pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa
prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian dilaksanakan di
akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran pendidik untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh peserta didik
dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian pendidik
dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100.Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta didik tidak
aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses
pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah kompetensi awal
peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta didik kita
memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan
DOWNLOAD 100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018 KLIK DISNI
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 1 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 2 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 3 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 4 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD 100 SOAL PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018 KLIK DISNI
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 1 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 2 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 3 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
DOWNLOAD MATERI PEDAGOGIK 4 PERSIAPAN UJIAN SELEKSI PPGJ 2018
No comments:
Post a Comment