.

Saturday, 18 October 2014

Gratis Download Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013, Pengolah Rapor, dan Form Rubrik Penilaian


www.kurikulum2013.comze.com

Proses penilaian dalam Kurikulum 2013 dituntut untuk lebih detail Dengan menggunakan pendekatan Saintifik sebagai ruh dari pembelajaran Kurikulum 2013, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengeksplore kemampuan siswa dalam 3 ranah penilaian, yaitu : (1) ranah kognitif, (2) ranah praktik (psikomotor) dan ranah sikap (afektif).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan menyebutkan bahwa hasil penilaian oleh pendidik dan satuan pendidikan dilaporkan dalam bentuk nilai dan deskripsi pencapaian kompetensi kepada orang tua dan pemerintah.

Kurikulum 2013 tidak hanya menitik beratkan penilaian pada ranah Kognitif saja, tetapi pada semua aspek penilaian. Dalam kurikulum sebelumya (Kurikulum 2006), tidak semua  dilakukan penilaian, tetapi dalam Kurikulum 2013 seluruh mata pelajaran melakukan penilaian pada semua ranah.

Dalam melakukan penilaian, guru juga dituntut untuk membuat rubrik penilaian sebagai konsekuensi dari pendekatan saintifik. Sehingga guru harus benar-benar siap dan tidak melakukan penialain dengan abal-abal.

Banyak guru yang masih belum memahami cara penilaian pada Kurikulum 2013, sebab kebanyakan dari mereka menggunakan mainset lama. Oleh karena itu seorang guru harus mau belajar tentang cara penilaian dan teknik-teknik penilaian yang diterapkan dalam kurikulum 2013.

Pada bagian akhir setelah proses penilaian dilakukan yaitu bagaimana kita mengolahnya sehingga menjadi nilai akhir yang nantinya dituliskan pada rapor. Tentunya diperlukan perhitungan-perhitungan dengan menggunakan dasar-dasar yang telah disyaratkan. Ternyata dalam melakukan perhitungan pun masih cukup menyita waktu, sebab kita masih dituntut untuk melakukan konversi penilaian dan predikat serta diskripsi hasil proses penilaian yang harus dijabarkan satu persatu. Kalau ini dilaksanakan secara manual, maka cukup menyita waktu kita.

Dalam kesempatan ini saya mencoba untuk share kepada teman-teman guru tentang cara menilai dan memprosesnya secara tepat dan tepat dan dengan cara yang mudah dengan menggunakan aplikasi penilaian kurikulum 2013. Aplikasi peneliana ini sesuai bagi SMP dan SMA dan telah diterapkan di beberapa sekolah di tempat kami dengan hasil yang baik.

Apa dampak Penggunaan Aplikasi ini ?

Yang jelas penggunaan aplikasi ini sangat membatu guru dalam melakukan penilaian secara tepat dan akurat, termasuk dalam pembuatan dikripsi capaian dari setiap siswa.

Dampak lain yang tak kalah penting adalah bagi sekolah. Aplikasi ini dirancang secara mandiri, sehingga setiap guru harus mengentrikan data nilainya masing-masing. Dalam jangka waktu yang pendek akan "memaksa" guru untuk belajar komputer (IT), sehingga secara tidak langsung bagi sekolah akan berdampak secara masif dalam mempelajari komputer, meskipun dalam penggunaan aplikasi ini tidak di tuntut harus pandai komputer. Dan ini sagat menguntungkan bagi performa sekolah ke depan.

Tampilan Aplikasi Penilaian Kurikulum 2013

Aplikasi penilaian Kurikulum 2013 ini baik digunakan untuk SMP dan SMA. Tampilan dari aplikasi penilaian ini dapat dilihat pada screenshot berikut : 

1. Tampilan Penginputan Data Umum



2. Tampilan Memasukkan Nilai Kognitif



3. Tampilan Memasukkan Nilai Praktik




 4. Tampilan Memasukkan Nilai Sikap/Afektif






5. Tampilan Nilai Kognitif, Ketrampilan dan Sikap




6. Tampilan Rekapitulasi




 

yang ingin memanfaatkan aplikasi ini silahkan Download gratisss disini

1 comment:

  1. caranya download,,,mohon infonya...terimakasih

    ReplyDelete