.

Thursday 27 March 2014

Asik, Mulai Tahun Ini Tidak Ada Tes Masuk SMP

Jakarta (ANTARA News) – Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bidang Pendidikan, Musliar Kasim, mengatakan, pemerintah meniadakan tes untuk masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan menggantinya dengan seleksi hasil ujian sekolah.

“Mulai tahun ini, tidak ada lagi tes untuk masuk SMP,” ujar Wamendikbud di Jakarta, Kamis. Penghapusan ini dilakukan agar semua lulusan SD dan Madrasah Ibtidaiyah bisa melanjutkan ke jenjang SMP.

Seleksi masuk SMP, diganti dengan seleksi hasil ujian dan rapor. Seleksi dilakukan masing-masing rayon. “Diutamakan yang rumahnya dekat dengan sekolah,” kata dia. Pemerintah juga sudah menghapus tes baca tulis dan hitung untuk masuk SD.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, lanjut dia, telah mengeluarkan surat edaran pelarangan tes itu. “Tidak boleh ada tes calistung. Kalaupun anak itu sudah bisa calistung, tapi hanya untuk pengetahuannya saja. Sekolah wajib mengajarkannya.”

Sementara itu, seorang wali murid, Anita (35), menyambut gembira keputusan tersebut. Selama ini, warga sekitar kesulitan masuk ke SMP favorit di dekat rumah. “Saya kira lebih adil, jika seleksi dilakukan hanya dengan hasil ujian sekolah dan nilai rapor,” ujar dia.

Sumber: Antara

No comments:

Post a Comment