.

Monday 11 December 2017

DOWNLOAD UNDUH POWER POINT MATERI PEMBELAJARAN ENERGI LISTRIK


MATERI PEMBELAJARAN ENERGI LISTRIK

A.      SUMBER-SUMBER LISTRIK

1. BATU BATERAI
Batu baterai atau baterai kering terdiri atas wadah seng yang berisi campuran selmiak serbuk arang, batu kiwi serta batang karbon. Zat -zat kimia tersebut bereaksi sehingga wadah seng menjadi kutub negatif dan batang karbon menjadi kutub positif.

2. ACCUMULATOR
Accumulator (aki) atau baterai basah terdiri atas lempengan logam timbal dan timbal peroksida yang dicelupkan ke dalam larutan asam sulfat. Di dalam accumulator, logam timbal dan timbal peroksida bereaksi dengan asam sulfat, sehingga hasil dari reaksi kimia itu lempengan logam timbal menjadi kutub negatif dan lempengan logam peroksida menjadi kutub positif.

3. DINAMO dan GENERATOR
Dinamo sepeda terdiri atas kumparan yang ditempatkan di tengah medan magnet U. Ketika kepala dinamo berputar, kumparan akan turut berputar. Perputaran kumparan di dalam medan magnet menghasilkan energi listrik. Jadi, dinamo mengubah energi gerak menjadi energi listrik.Sumber listrik lainnya yang mengubah energi gerak menjadi energi listrik adalah generator.
Generator besar digerakkan oleh kincir besar atau turbin. Turbin diputar dengan memanfaatkan tenaga air dari bendungan/dam.

Konduktor dan isolator lISTRIK
Pada rangkaian tertutup bola lampu dapat menyala jika dihubungkan dengan kutub-kutub sumber listrik oleh kawat/benda penghantar listrik yang baik .Benda-benda yang dapat menghantarkan arus listrik dengan baik disebut konduktor, umumnya terbuat dari logam seperti tembaga, besi, alumunium, seng dan sebagainya. Sedangkan benda-benda penghantar arus listrik yang buruk disebut isolator, umumnya terbuat dari bahan bukan logam seperti plastik, kayu, udara, kertas, air dan sebagainya.

B. RANGKAIAN LISTRIK
ARUS LISTRIK
Dalam setiap sumber listrik terdapat kutub positif dan kutub negatif. Jika kedua kutub dihubungkan dengan kabel, maka akan menghasilkan arus listrik. Arus listrik adalah aliran muatan listrik pada rangkaian tertutup yang mengalir dari tempat yang berpotensial tinggi ke tempat yang berpotensial rendah. Tempat yang berpotensial tinggi  disebut kutub positif dan tempat berpotensial rendah disebut kutub negatif.

1. RANGKAIAN SERI
Ciri-ciri rangkaian seri adalah sebagai berikut:
Arus listrik mengalir tanpa melalui cabang.
Arus listrik yang mengalir melalui lampu 1 melalui lampu 2, demikian pula yang melalui baterai 1 dan baterai 2.
Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak maka arus listrik akan  putus.

2. RANGKAIAN PARALEL
a. Lampu disusun paralel
Ciri-ciri rangkaian paralel sebagai berikut.
Arus engalir melalui satu cabang atau lebih. Arus   listrik yang melalui lampu 1 atau baterai 1 tidak melalui lampu 2 atau baterai 2.
Jika salah satu alat listrik dilepas atau rusak arus listrtik akan tetap mengalir melalui       cabang yang lain.
Rangkaian listrik di rumah kita dipasang secara paralel, sehingga jika salah satu lampu dipadamkan lampu yang lainnya tetap menyala.

3. RANGKAIN CAMPURAN
Rangkaian campuran adalah rangkaian perpaduan antara rangkaian seri dan paralel.


LINK DOWNLOAD PPT (KLIK DISINI)

Apabila ada kendala dalam mendownload silahkan baca tutorialnya  KLIK DISINI. 
dan jangan sungkan untuk bertanya apabila ada kendala silahkan bertanya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment