.

Monday, 26 January 2015

Menteri Perdagangan Ingin PNS Punya Etos Samurai Jepang, Apa Itu?


Menteri Perdagangan Rachmat Gobel. Foto: dok.JPNN

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi getol mengkampanyekan revolusi mental bagi para PNS. Katanya, Pegawai Negeri Sipil (PNS) jangan lagi seperti priyayi yang mintanya dilayani.

Nah, lain lagi cara Menteri Perdagangan Rachmat Gobel mendorong perubahan mental PNS.
Dia menginginkan PNS di Kementerian Perdagangan memiliki etos kerja seperti seorang samurai untuk menghadapi perubahan zaman. Itulah yang selalu diajarkan ayahnya saat dia masih kecil.

"Almarhum ayah saya itu ingin saya memiliki jiwa samurai Jepang. Harus selalu loyal pada cita-cita dan komitmen, bekerja keras, serta berdisiplin tinggi. Juga, selalu berupaya sepenuh tenaga, berlatih, dan berlatih untuk menguasai hal-hal baru," ujarnya.

Demikian juga para PNS Kementerian Perdagangan yang harus selalu ikhlas mengabdi kepada negara. Selain itu, mereka harus memegang teguh kejujuran serta integritasnya sebagai pelayan masyarakat.

Rachmat menyatakan mendapat didikan keras dari ayahnya, Thayeb M. Gobel, yang meninggal saat dirinya masih berusia 22 tahun.

Sebagai anak laki-laki tertua, Rachmat akhirnya melanjutkan bisnis PT National Gobel (kini PT Panasonic Manufacturing Indonesia/PMI).
"Didikan ayah membuat saya bisa menghadapi perubahan zaman," ungkapnya

sumber: jpnn.com

No comments:

Post a Comment