.

Wednesday 21 January 2015

Halalgoogling Search Engine atau Mesin Pencari Islami

Ketika anda dan kamu mendengar Search Engine atau mesin pencari, apa yang pertama terpikirkan? kebanyakan pasti langsung kepikiran google, karena memang sejauh ini google-lah yang masih merajai dunia mesin pencari. Nah dibulan ramadhan ini ada rilis Halalgoogling, yah sesuai namanya halal itu berarti Halalgoogling adalah Search Engine atau Mesin Pencari Islami. Halalgoogling konon merupakan Search Engine anti konten haram, aman dan melindungi pengguna dari konten negatif.

Halalgoogling itu akan menampilkan hasil pencarian dari google dan bing, namun hasil yang ditampilkan itu sudah disaring berdasarkan kategori boleh dan tidak sesuai aturan Islam. Apa saja yang bakal disingkirkan oleh pencarian via halalgoogling itu? ya itu misal seperti pornografi, atau semua hal yang bersifat ketelanjangan, perjudian, konten anti Islam dan konten negatif lainnya.

Saat ini halalgoogling masih dalam versi beta, namun demikian akan terus dikembangkan demi pelayanan kebutuhan berinternet yang aman. Apakah halalgoogling itu satu-satunya mesin pencari islami? tidak, karena ada juga mesin pencari serupa, namanya ImHalal. Seperti halnya Halalgoogling, ImHalal juga menampik konten-konten yang berbau mesum atau negatif lainnya.

Meski nama berbeda namun kedua mesin pencari ini adalah sama-sama mensin pencari islami, yang sama-sama dirilis dibulan ramadhan. Mungkin ramadhan dirasa sebagai waktu yang tepat untuk merilis mesin pencari islami itu, demi memberikan suguhan yang sesuai dengan budaya muslim agar bisa menjelajah dunia maya dengan nyaman dan aman.

No comments:

Post a Comment