.

Tuesday 25 November 2014

Mendikbudasmen: "Pendidikan Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru"


Selain guru, semua orang terdidik bertanggung jawab atas pendidikan Indonesia
Pendidikan Bukan Hanya Tanggung Jawab Guru


Pendidikan adalah usaha kunci dalam memajukan bangsa. Pendidikan pun menjadi kunci pengembangan potensi Tanah Air melalui sumber daya manusia.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, kualitas manusia menjadi hulu sebuah kemajuan. Dan pendidikan adalah salah satu unsur paling penting dalam meningkatkan kualitas manusia.

Dalam upacara peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2014, Anies pun mengajak seluruh rakyat Indonesia melihat pendidikan sebagai urusan bersama. "Tanpa mengurangi peran negara, karena negara masih harus menyelesaikan tanggung-jawab yang belum tuntas dan meningkatkan kinerjanya, saya mengajak semua warga bangsa Indonesia untuk ikut bekerja sama demi masa depan Indonesia yang lebih baik," kata Anies, di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (25/11/2014).

Anies menilai, di mata konstitusi, pendidikan memang tanggung jawab negara. Tetapi, secara moral, ia menjadi tanggung jawab setiap orang terdidik.

Penggagas Gerakan Indonesia Mengajar ini pun mengajak semua kalangan untuk terlibat membantu sekolah, guru, madrasah, balai belajar, dan taman belajar. Masyarakat Indonesia, kata Anies, dapat terlibat untuk mendorong kemajuan pendidikan.

"Untuk itu pula, kepada Guru, Kepala Sekolah, dan Tenaga Kependidikan mari kita bukakan pintu lebar-lebar. Kita mengajak dan memberi ruang kepada masyarakat untuk ikut terlibat, memikirkan, dan berbuat untuk kemajuan dunia pendidikan kita," imbuhnya.

Sumber: Okezone.com

No comments:

Post a Comment